Langsung ke konten utama

MODUL AJAR FASE KELAS IV KURIKULUM MERDEKA

 

MODUL  AJAR KURIKULUM  MERDEKA  2022

PROTOTIPE

SEKOLAH DASAR (SD)

Nama penyusun                      : GURU PENCIL

Nama Sekolah                         : SD TERPENCIL

Mata Pelajaran                       : Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Fase B, Kelas / Semester         : IV (Empat) / I (Ganjil)

 

MODUL AJAR  KURIKULUM  MERDEKA  2022  (PROTOTIPE)

IPAS  SD  KELAS 4

INFORMASI  UMUM

A.Identitas Modul

 

Nama penyusun                      : GURU PENCIL

Nama Sekolah                         : SD TERPENCIL

Tahun Penyusunan : 2022

Jenjang Sekolah      : SD

Mata Pelajaran :Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Fase / Kelas             : B / 4

BAB 2

Topik                       :A. Materi, Makhluk Apa Itu?

B. Memangnya Wujud Materi Seperti apa?

 C.Bagaimana Wujud Benda Berubah?

 

Alokasi Waktu       : 17 JP

 

B.Kompetensi Awal

v  Mengenali materi dan karakteristiknya.

v  Mempelajari karakteristik wujud zat/materi.

v  Mencari tahu bagaimana perubahan wujud zat terjadi.

C.Profil Pelajar Pancasila

1)Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia,

2) Berkebinekaan global,

3) Bergotong-royong,

4) Mandiri,

5) Bernalar kritis, dan

6) Kreatif.

D.Sarana dan Prasarana

1.       Sumber belajar:

2.       (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV, Penulis: Amalia Fitri, dkk dan Internet),

3.       Lembar kerja peserta didik

4.       Buku Guru bagian Ide Pengajaran

5.       Persiapan lokasi: Lingkungan sekitar sekolah

A.Mengenali Materi dan Karakteristiknya

A.1 Apa itu masa?

Perlengkapan yang dibutuhkan Guru dan peserta didik

·         Timbangan analog (neraca);

·         kerikil (ataubenda yang lebihringan);

·         3. batu (ataubenda yang lebihberat);

·         minyak goreng;

·         beras/pasir;

·         bekas kemasanproduk yangmengandungketeranganmassa/volume.

A2. Ciri-Ciri Materi adalah Memiliki Volume

Perlengkapan yang dibutuhkan Guru dan peserta didik

·         gelas ukur;

·         air;

·         4 macam wadah untuk benda cair

·         bekas kemasanproduk yang mengandung keteranganmassa/volume.

 

B. Memangnya Wujud Materi Seperti Apa?

Perlengkapan yang dibutuhkan guru dan peserta didik

Aktivitas mari mencoba 1 (Seperti Apa Karakter Benda Padat?)

·         batu/kayu/besi;

·         2. kertas;

·         3. botol plastik;

·         4. plastisin.

Aktivitas mari mencoba 2 (Seperti Apa Karakteristik Benda Cair?)

·         botol plastik bening;

·         2. gelas transparan;

·         3. wadah transparan;

·         4. pewarna makanan;

·         air.

Aktivitas mari mencoba 3 ( Seperti Apa Karakteristik Benda Gas? )

·         balon (2 buah);

·         2. botol plastik (2 buah);

·         3. cutter/pisau;

·         4. penggaris.

B. Bagaimana  Wujud Benda Berubah?

Perlengkapan yang dibutuhkan guru dan peserta didik

C.1.Apa itu Mencair dan Membeku?

      ( Perubahan Wujud Pada Liin)

·         termometer;

·         korek api;

·         lilin.

C.2. Apa Itu Menguap dan Mengembun?

(Membuat Uap dan Embun)

·         air;

·         pembakar spiritus/kompor kecil;

·         es batu;

·         panci kecil;

·         tutup panci.

C3. Apa Itu Menyublim dan Terdeposisi?

Membuat Kristal

·         masker;

·         pembakar spiritus/kompor kecil;

·         gelas kimia dan kaca arloji (atau panci dan tutupnya);

·         es batu;

·         kapur barus (1 butir ukuran besar atau 5 butir ukuran kecil);

·         kaki tiga dan kawat kasa.

E.Target Peserta Didik

 

v Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

v Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin

 

F.Model Pembelajaran

v Pembelajaran Tatap Muka

KOMPONEN   INTI

A.Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran Topik A :

1.       Peserta didik Mengenali materi dan karakteristiknya.

2.       Peserta didik mempelajari karakteristik wujud zat/materi.

3.       Peserta didik mencari tahu bagaimana perubahan wujud zat terjadi.

Tujuan Pembelajaran Topik B :

 

1.       Peserta didik Mendeskripsikan karakteristik wujud zat padat, cair dan gas.

2.       Peserta didik dapat Mengidentifikasi apakah suatu zat yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari merupakan zat padat, cair atau gas.

3.       Peserta didik dapat Membedakan karakteristik wujud zat padat, cair dan gas.

 

Tujuan Pembelajaran Topik C :

1.       Peserta didik dapat Mengindentifikasi perubahan wujud benda yang terjadi.

2.       Peserta didik dapat menjelaskan bagaimana perubahan wujud benda dapat terjadi.

 

B.Pemahaman Bermakna

Topik A. Materi,Makhluk Apa itu?

Meningkatkan kemampuan peserta didik denganmengenali  materi dan karakteriknya serta mencaritahu perubahan wujud zat terjadi.

 

Topik B. Memangnya Wujud Materi Seperti Apa?

Meningkatkan kemampuan peserta didik  mendeskripsikan ,mengidentifikasi serta membedakan karakteristik wujud zat padat,cair dan gas.

 

Topik C.Bagaimana Wujud Benda Berubah?

Meningkatkan kemampuan peserta didik mengidentifikasi perubahan wujud benda dan dapat menjelaskannya.

C.Pertanyaan Pemantik

Topik A: Materi, Makhluk Apa Itu?

1.       Apa itu materi?

2.       Seperti apa saja wujud zat/ materi?

3.       Bagaimana wujud zat dapat berubah-ubah?

Topik B:Memangnya Wujud Materi seperti Apa?

1.       Ada berapa karakteristik wujud benda?

2.       Bagaimana sifat dan karakteristik dari masing-masing wujud benda?

Topik C:

1.       Bagaimana wujud zat bisa berubah dari padat, cair, dangas?

2.       Apa yang membuat wujud zat berubah-ubah?

3.       3. Apa peran energi dalam perubahan wujud zat?

D. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Apa itu Masa?

2 JP ( 70 Menit )

Rangkuman

A.1 Apa itu masa?

 

Alam semesta tempat kita tinggal terdiri atas banyak materi. Materiadalah segala sesuatu punya massa dan menempati ruang. Materiada yang berupa makhluk hidup seperti kita (manusia), hewanhewan,tumbuhan, jamur dan bakteri. Ada juga yang berupa makhluktak hidup atau yang sering kita sebut dengan benda, seperti buku, papan tulis, awan, langit, tanah dan sebagainya.

 

Massa adalah besaran dari suatu benda. Ketika suatu benda memiliki massa makabenda itu merupakan materi. Massa suatubenda bisa berbeda dengan massa benda lainnya. Misalnya, massa 1 butir telur tentu berbeda dengan massa 1 potong baju. 

Perbedaan massa yang berbeda pada suatu benda dengan benda yang lain disebabkan oleh banyaknya jumlah zat pada benda tersebut. Misalnya, jika kalian memiliki sebuah botol plastik dan sebuah botol kaca, atau gelas plastik dan gelas kaca. Meskipun sama-sama botol atau gelas, tetapi keduanya memiliki massa yang berbeda. Botol kaca atau gelas kaca memiliki jumlah zat yang lebih banyak dibandingkan botol atau gelas plastik. Akibatnya botol atau gelas kaca massanya lebih besar dibandingkan botol atau gelas plastik.

 

A2. Ciri-Ciri Materi adalah Memiliki Volume

Selain memiliki massa, ciri-ciri dari materi adalah menempati ruang. Maksudnya setiap materi pasti memiliki ukuran tertentu. Misalnya air yang bisa disimpan di dalam gelas atau botol. Udara yg bismemenuhi paru-paru kita atau ruangan. Dengan kata lain, materijuga memiliki volume tertentu.

Hubungan Massa dan Volume

Mirip seperti massa, volume adalah ukuran banyaknya jumlah zat. Bedanya adalah biasanya massa digunakan untuk mengukurbanyaknya zat padat, sedangkan volume biasanya digunakan untukmengukur banyaknya zat cair seperti air, minuman, oli dan lain

sebagainya.

Untuk mengukur volume kita bisa menggunakan alat ukur seperti gelas ukur, yakni sebuah gelas yang di dalamnya terdapat ukuranukuran tertentu. Ukuran volume bisa dinyatakan dalam mililiter yang disimbolkan dengan tulisan mL dan Liter yang disimbolkan dengan

huruf L. Sesuatu disebut materi jika menempati ruangan tertentu, atau dalam bahasa lain memiliki volume tertentu. Biasanya semakin besar volume suatu cairan, jumlah zatnya semakin banyak. Semakin banyak jumlah zatnya, biasanya massanya lebih besar.Jadi bisa disimpulkan bahwa massa dan volume saling berkaitan. Lalu, perlu diingat pula bahwa setiap materi pasti memiliki massa dan memiliki volume.

 

Kegiatan Pendahuluan( 15 Menit)

Kegiatan Orientasi

·         Peserta didik dan Guru memulai dengan berdoa bersama.

·         Peserta didik disapa dan melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru.

Kegiatan Motivasi

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Mengajukan pertanyaan Pemantik

 

Kegiatan Inti (45 Menit)

·         Peserta didik mengamati gambar ,kemudian guru mengajukan beberapa pertanyaan dan menjelaskan tentang materi beserta  contohnya.

Wah, ramai

sekali ya

tidak juga kok. Ini

ada banyak yang

jualan makanan

iya, ada banyak

orang dan hewan

di sini

Sayangnya ada

banyak sampah

juga

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


·         Melakukan percobaan pada timbangan untuk mengetahui pengertian dari masa.

·         Pengarahan kegiatan melakukan percobaan secara mandiri untuk mengetahui benda yang memiliki masa lebih besar.(pada kegiatan ini peserta didik mengamati kegiatan yang dilakukan kemudian menulis hasil pengamatannya pada buku tugas.

 

 

 

 

 

 


·         Pengarahan kegiatan melakukan percobaan secara kelompok untuk mengetahui seberapa berat makanan.

·         Melakukan Refleksi untuk kegiatan percobaan mandiri dan bersama kelompok.(pertanyaan refleksi sebagai berikut)

1.    Menurut kalian apa itu massa?

2.    Berdasarkan pengamatan kalian, apa hubungan antara massa dengan ukuran benda? Apakah benda yang ukurannya lebih kecil massanya selalu lebih kecil?

3.    Bagaimana cara menentukan massa suatu benda?

·         Guru menyimpulkan materi dan membuat rangkuman.(materi berdasarkan kegiatan yang dilakukan dan kesimpulan materi masa adalah besaran suatu benda).

·         Guru mendemonstrasikan aktivitas mengukur volume suatu benda untuk mengetahui pengertian dari volume.

·         Pengarahan kegiatan  secara kelompok untuk mengetahui jumlah volume.( carilah bungkus kemasan minuman, botol minyak, oli, atau botol sirup yang ada di lingkungan sekolah. Kemudian, carilah di bungkus kemasan itu angka yang diberi akhiran mL atau L kemudian melaporkan hasil kepada guru)

Contoh:

 

 

 

 

 

 


·         Melakukan Refleksi untuk kegiatan percobaan mandiri dan bersama kelompok.(pertanyaan refleksi sebagai berikut)

1.       Menurut kalian apa itu volume?

2.       Berdasarkan yang sudah kalian pelajari di aktivitas sebelumnya, menurut kalian apa perbedaan antara volume dengan massa?

3.       Bagaimana cara menentukan volume suatu benda?

·         Melaporkan hasil percobaan.

 

Kegiatan Penutup (10 Menit)

 

·         Guru memberikan penguatan materi .

·         Peserta didik  dimotivasi untuk berkomunikasi aktif dengan gurunya jika memiliki kesulitan.

·         Peserta didik diminta untuk merefleksikan tentang pengetahuan apa yang dipelajari hari ini?

 

 

 

 

 

 

 

 


·         Guru mengajak peserta didik untuk berdoa penutup.

 

Lampiran

Lembar Kerja Perserta Didik

Aktivitas 1

(Benda mana yang lebih berat)

 

Carilah dua buah benda yang ada di sekitar kalian.Mintalah bantuan kepada guru untuk membandingkan benda mana yang masanya lebih besar.Lalu tulislah hasil pengamatanmu seperti pada tabel berikut!

 

 

 

 

 

 


Lembar Kerja Perserta Didik

Aktivitas 2

(Seberapa Berat Makanan ini)

 

Carilah kemasan makanan yang ada  di lingkungan sekolah.Kemudian amati kemasan tersebut angka yang diberi akhiran g,seperti pada contoh gambar berikut.

 

 

Setelah menemukan kemasan makanan dan angkanya,alporkan kepada guru.

 

 

Lembar Kerja Perserta Didik

Aktivitas 3

(Berapa Volumenya)

 

Bersama dengan teman-teman  sekelas kalian ,carilah bungkusan kemasan minuman,botol minyak,atau oli atau botol sirup yang ada di lingkungan sekolah.Kemudian carilah di bungkus kemasan itu angka yang diberi akhiran mL atau L.Laporkan hasilnya pada guru kalian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Pertemuan 2

Memangnya Wujud Materi Seperti Apa?

2 JP ( 70 Menit )

Rangkuman

Seperti Apa Karakter Benda Padat?

Zat padat memiliki bentuk dan volume yang relatif tetap. Seperti contohnya ketika kalian menekan kayu. Apakah bentuk kayunya jadi berubah? Apakah kayu bisa kalian tekan sehingga volumenya berubah dan menempati ruang yang lebih kecil? Tentu tidak. Zat padat memiliki bentuk tertentu yang tidak berubah-ubah meskipun diletakkan di dalam wadah yang berbeda-beda. Seperti contohnya batu ini. Ketika diletakkan dalam gelas, bentuknya

tetap seperti batu. Begitu pula ketika diletakkan di dalam baskom, bentuknya juga tidak berubah. Volumenya pun tidak berubah.

 

Seperti Apa Karakter Benda Cair ?

 

Ketika kita menuangkan air ke wadah yang berbeda, maka air akan mengalir dan menempati wadah tersebut. Bentuknya akan berubahubah sesuai dengan wadahnya. Jadi boleh dikatakan bahwa air tidak memiliki bentuk yang tetap, atau dengan kata lain bentuknya berubah-ubah sesuai dengan wadahnya.

 

Seperti Apa Karakter Benda Gas?

Ketikadialirkan ke dalam wadah tertutup yangberbeda, maka gas akan memenuhiwadah dan menghasilkan bentuk yang berbeda-beda. Gas memiliki bentuk yang tidak tetap. Seperti percobaan yang sudah kalian lakukan sebelumnya. Ketika kalian meniup balon di dalam bentuk botol plastik yang berbeda-beda, maka bentuk gasnya pun akan berubah juga. Selain bentuknya yang berubah-ubah, gas ternyata juga menekan ke segala arah. Dalam percobaan yang kalian lakukan, balon tidak dapat ditiup di dalam botol yang tidak berlubang. Hal ini karena udara yang ada di dalam botol menahan kalian untuk meniup balon. Berbeda halnya ketika balon kalian tiup di dalam botol yang berlubang. Udara yang ada di dalam botol akan tertekan keluar dari lubang dan menyebabkan kalian bisa meniup balon.

 

Kegiatan Pendahuluan( 15 Menit)

Kegiatan Orientasi

·         Peserta didik dan Guru memulai dengan berdoa bersama.

·         Peserta didik disapa dan melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru.

Kegiatan Motivasi

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Mengajukan pertanyaan Pemantik

Kegiatan Inti (45 Menit)

·         Peserta didik mengamati gambar ,kemudian guru mengajukan beberapa pertanyaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


(Bisakah kalian menyebutkan ada materi apa saja di dalam akuarium yang ada di depan Aga dan Banu? Menurut kalian, apakah setiap materi yang ada di dalamnya memiliki sifat yang sama?

·         Pengarahan kegiatan melakukan percobaan secara kelompok untuk mengetahui  Seperti Apa Karakter Benda Padat?

·         Melakukan Refleksi untuk kegiatan percobaan  1 bersama kelompok.(pertanyaan refleksi sebagai berikut)

1.          Menurut kalian, apa perbedaan antara batu/kayu/besi dengankertas, botol plastik dan plastisin?

2.          Menurut kalian ketika batu/kayu/besi/kelereng dimasukkan kedalam botol, apakah bentuknya berubah?

3.          Apakah benda padat bisa ditekan sehingga volumenya menjadilebih kecil?

·            Pengarahan kegiatan melakukan percobaan secara kelompok untuk mengetahui  Seperti Apa Karakter Benda Cair ?

·            Melakukan Refleksi untuk kegiatan percobaan 2 bersama kelompok.(pertanyaan refleksi sebagai berikut)

1.          Menurut kalian, apakah ada perbedaan bentuk air pada botolplastik, gelas kaca/plastik dan wadah transparan?

2.          Apakah air memiliki bentuk yang tetap?

3.          Apakah volume air berubah-ubah?

4.          Menurut pendapat kalian, beras/pasir termasuk cairan ataupadatan?

·            Pengarahan kegiatan melakukan percobaan secara kelompok untuk mengetahui  Seperti Apa Karakter Benda Gas?

·           Melakukan Refleksi untuk kegiatan percobaan 2 bersama kelompok.(pertanyaan refleksi sebagai berikut)

1.          Apa hal menarik yang kalian temukan selama melakukanpercobaan ini?

2.          Menurut pendapat kalian, apakah udara menempati ruang? Apabuktinya?

3.          Menurut pendapat kalian, apa perbedaan sifat antara benda berwujud padat cair, dan gas?

·         Melaporkan hasil percobaan.

 

 

Kegiatan Penutup (10 Menit)

 

·         Guru memberikan penguatan materi .

·         Peserta didik  dimotivasi untuk berkomunikasi aktif dengan gurunya jika memiliki kesulitan.

·         Peserta didik diminta untuk merefleksikan tentang pengetahuan apa yang dipelajari hari ini?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


·         Guru mengajak peserta didik untuk berdoa penutup.

 

Lampiran

Lembar Kerja Perserta Didik

Aktivitas 1

(Seperti Apa Karakter Benda Padat)

Petunjuk

 

 

Lakukan percobaan berikut!

1.       Ambilah batu/kayu/besi/kelereng lalu coba tekan dan amati :apakah ada perubahan bentuk?

2.       Ambilah kertas kemudian coba robek /coba gunting kertas / karton ,kemudian amati:apakah ada perubahan bentuk? Menurut kalian apakah kertas /karton itu bisa kembali menjadi bentuk semula ?

3.       Ambilah botol plastik kemudian remas botol tersebut,dan cobalah untuk mengembalikannya menjadi bentuk seperti semula.Apakah hal itu mungkin untuk dilakukan?

4.       Ambil plastisin ,lalu tekan hingga berubah bentuk.setelah itu cobalah membuat bentuk benda yang kalian suka menggunakan plastisin!

 

Lembar Kerja Perserta Didik

Aktivitas 2

(Seperti Apa Karakter Benda Cair)

Petunjuk

 

 

Lakukan percobaan berikut!

 

 

 

 

 

 

Lembar Kerja Perserta Didik

Aktivitas 3

(Seperti Apa Karakter Benda Gas)

Petunjuk

 

 

Lakukan percobaan berikut!

 

 

 

 

Pertemuan 3

Bagaimana  Wujud Benda Berubah?

2 JP ( 70 Menit )

Rangkuman

C.1.Apa itu Mencair dan Membeku?

Api memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan suhu ruangan. Ketika ada api, maka suhu di sekitar api akan naik. Kenaikan suhu ini bisa membuat lilin yang ada di sekitar api berubah wujud dari padat menjadi cair. Kenaikan suhu ini juga yang membuat lilin berubah dari padat menjadi cair. Perubahan wujud benda dari padat ke cairdisebut dengan mencair atau meleleh.

 

 

 

 

 

 


Beberapa benda padat bisa mencair, tetapi memang tidak semuanya mudah mencair seperti lilin, es batu, dan agar-agar. Ada bendabenda yang membutuhkan kalor lebih banyak. Apa itu kalor? Kaloradalah energi panas yang bisa diterima dan diteruskan oleh satubenda ke benda lain. Semakin banyak kalor yang diberikan, semakin cepat suatu benda mencair. Semakin besar api yang dinyalakan, semakin cepat suatu benda mencair.

 

Sebaliknya ketika suatu benda yang sifatnya cair bisa berubah menjadi padat ketika zat cair itu kehilangan kalor. Dalam bahasa lain, ketika suhunya diturunkan (didinginkan) maka suatu zat cair bisa berubah menjadi padat. Contohnya seperti lilin dan agar-agar. Ketika api pada lilin dimatikan, maka suhu di sekitarnya akan turun. Akibatnya lilin di sekitar api yang awalnya berwujud cair berubahmenjadi berwujud padat. Sama halnya dengan agar-agar. Ketika didinginkan (suhunya diturunkan) maka agar-agar akan berubah wujud dari cair menjadi padat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Perubahan wujud benda dari cair menjadi padat ini disebut membeku.. Ada zat-zat yang membeku di suhu yang sangat dinginseperti air, tapi ada juga zat-zat yang membeku di suhu biasa (suhuruang) seperti agar-agar, lilin, lemak, cokelat dan sebagainya.

 

C2. Apa Itu Menguap dan Mengembun?

Perubahan wujud benda cair menjadi gas disebut menguap. Ketikabenda cair terus menerus dipanaskan, maka lama-kelamaan benda cair tersebut akan menguap. Contohnya ketika air dalam panic dipanaskan terus menerus, maka air itu akan mulai mendidih dan

berubah wujud dari cair menjadi gas. Perubahan ini dinamakan menguap.

 

 

 

 

 

 

 

 


Penguapan juga terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Keringat yangmuncul setelah berolahraga lama-kelamaan akan kering. kini terjadi karena keringat menguap. Parfum yang disemprotkan ke kulit juga akan menguap sehingga tercium aroma yang wangi tubuh kita. Alkohol yang terdapat pada hand sanitizer juga akan menguap saat kita oleskan ke tangan. Sehingga kulit kalian menjadi kering setelah beberapa saat kalian gunakan.

 

Sebaliknya, ketika benda berwujud gas didinginkan dan kehilangankalor maka benda tersebut akan berubah wujud menjadi cair. Es batu yang disimpan di atas tutup panci menurunkan suhu pada tutup tersebut. Uap air yang semula panas, ketika menyentuh permukaan panci akan kehilangan kalor dan menjadi dingin. Akibatnya wujud uap air berubah dari gas menjadi cair.

 

 

 

 

 

 

 

 


Perubahan wujud benda dari gas menjadi cair disebut denganmengembun. Pada daerah yang cukup dingin, terkadang uap air diudara berubah wujud menjadi butiran-butiran air kecil. Peristiwa inidisebut berkabut.

 

C3. Apa Itu Menyublim dan Terdeposisi?

Itu sebabnya kapur barus yang kalian panaskan menjadi semakinf kecil. Sebagian kapur barus berubah menjadi gas dengan bau yang sangat khas. Perubahan wujud benda padat menjadi gas disebut dengan sublimasi.

 

Gas memiliki karakteristik yang mudah bergerak bebas ke manasaja. Itu sebabnya kalian akan melihat uap kapur barus menyebarke segala arah. Bahkan tercium ke seluruh kelas. Adanya kalor atau panas dari api akan membuat gas semakin menyebar.

 

 

 

 

 

 

 


Ketika kalian meletakkan es di atas kaca arloji, suhu di permukaankaca arloji akan turun. Uap kapur barus yang menempel di permukaan tutup kaca arloji akan berubah wujud menjadi padat kembali. Suhu yang dingin akan membuat uap kapur barus “kedinginan” dan

akhirnya “diam”. Uap berkumpul di permukaan tutup panci/kaca arloji membentuk sebuah padatan seperti kristal. Proses perubahanwujud benda gas ke padat disebut juga dengan istilah deposisi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kegiatan Pendahuluan( 10 Menit)

Kegiatan Orientasi

·         Peserta didik dan Guru memulai dengan berdoa bersama.

·         Peserta didik disapa dan melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru.

Kegiatan Motivasi

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Mengajukan pertanyaan Pemantik

Kegiatan Inti (45 Menit)

·         Guru menjelaskan konsep pemahaman tentang  wujud zat bisa berubah berdasarkan gambar cerita.( Wujud zat bisa berubah-ubah, seperti es krim yang dimakan olehBanu, dari wujud padat berubah menjadi wujud cair. Seperti uap air yang muncul dari gerobak penjual jagung rebus, awalnya berwujud cair kemudian berubah menjadi wujud gas.

 

 

 

 

 

 

 

 

·         Pengarahan melakukan kegiatan percobaan untuk mengetahuiApa Itu Mencair dan Membeku?

·         Melakukan Refleksi untuk kegiatan percobaan   bersama kelompok.(pertanyaan refleksi sebagai berikut

1.          Apa yang terjadi ketika lilin dipanaskan menggunakan api?

2.          Mengapa lilin dapat kembali menjadi padat setelah didinginkan?

3.          Menurut kalian apa faktor kunci yang menyebabkan suatu bendabisa berubah menjadi cair ataupun berubah menjadi padat?

·         Guru menjelaskan konsep pemahaman tentangbagaimana hujan bisa terjadi dan apa lasannya.(Awan yang terlihat di langit sebenarnya adalah air yang bercampur dalam udara. Ketika uap air di langit sudah terlalu banyak maka awan (uap air yang berbentuk gas) akan mengembun dan berubah wujud menjadi cair. Hal inilah yang menyebabkan hujan turun.)

·         Pengarahan melakukan kegiatan percobaan membuat uap dan embun.

·         Melakukan Refleksi untuk kegiatan percobaan   bersama kelompok.(pertanyaan refleksi sebagai berikut

1.       Apa yang terjadi ketika air terus menerus dipanaskan?

2.       Apa yang menyebabkan air dapat berubah wujud menjadi gas?

3.       Menurut kalian, jika pada tutup panci tidak diberikan es batu,apakah akan muncul air di permukaan tutup panci?

4.       Mengapa es bisa membuat uap air berubah wujud menjadi cair?

·         Pengarahan melakukan kegiatan percobaan membuat Kristal.

·         Melakukan Refleksi untuk kegiatan percobaan  bersama kelompok.(pertanyaan refleksi sebagai berikut

1.       Apa yang kalian amati ketika kapur barus dipanaskan?

2.       Mengapa ukuran kapur barus yang dipanaskan berubah? Menurutkalian ke mana perginya kapur barus yang tadi dipanaskan?

3.       Adakah benda yang menempel di permukaan kaca arloji? Menurutkalian benda apakah itu?

4.       Jika seandainya tidak diletakkan es pada kaca arloji, menurutkalian apa yang akan terjadi?

5.       Coba utarakan pendapat kalian, apa gunanya diletakkan es diatas kaca arloji?

·         Melaporkan hasil percobaan.

 

Kegiatan Penutup (15 Menit)

·         Guru memberikan penguatan materi .

·         Peserta didik  dimotivasi untuk berkomunikasi aktif dengan gurunya jika memiliki kesulitan.

·         Peserta didik diminta untuk merefleksikan tentang pengetahuan apa yang dipelajari hari ini?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


·         Guru mengajak peserta didik untuk berdoa penutup.

 

Lampiran

Lembar Kerja Perserta Didik

Aktivitas 1

(Perubahan Wujud Lilin)

Petunjuk

 

Lakukan Percobaan berikut!

1.       Ukur suhu ruangan kalian.

2.       Nyalakan lilin,kemudian dekatkan thermometer ke nayala api dan ukur suhunya (thermometer tidak menyentuh api namun hanya didekatkan saja).

3.       Perhatikan wujud lilin yang ada di sekitar api.Apakah ada perbedaan yang kalian bisa amati?

4.       Matikan lilin,lalu perhatikan apakah ada perubahan wujud lilin di sekitar api pada saat api menyala dengan wujud lilin pada saat api padam?

5.       Nyalakan api pada pembakar spiritus menggunakan korek api .

6.       Ambil sebatang lilin lalu panaskan lilin di atas pembakar spiritus lalu amati apa yang terjadi.

 

 

 

Lembar Kerja Perserta Didik

Aktivitas 2

(Membuat Uap dan Embun)

Petunjuk

 

Lakukan Percobaan berikut!

 

 

 

Lembar Kerja Perserta Didik

Aktivitas 3

(Membuat Kristal)

Petunjuk

 

Lakukan Percobaan berikut!

1.       Rangkailah alat dan bahan seperti pada gambar berikut!

 

 

 

2.       Amati perubahan yang terjadi pada kapur barus.Hati-hati jangan sampai menghirup gas dari dalam gelas.

3.       Setelah kapur barus terlihat mulai mengecil ,matikan api.

4.       Amati bagian bawah kaca arloji .Apa yang terbentuk?

5.       Pengamatan lebih lanjut harus dilakukan dengan bantuan guru.

6.       Cuci tangan dengan bersih setelah menyelesaikan percobaan ini.

 

 

Pertemuan 4

Projek Belajar

2 JP ( 70 Menit )

 

Dalam proyek ini peserta didik akan diberikan kesempatan untuk memilihbahan yang akan diubah wujudnya. Setelah itu peserta didik  akan mencari tahu bagaimana bahan itu bisa berubah wujud. Kemudian mempresentasikan proyek  di depan kelas.

 

Kegiatan Pendahuluan( 10 Menit)

Kegiatan Orientasi

·         Peserta didik dan Guru memulai dengan berdoa bersama.

·         Peserta didik disapa dan melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru.

Kegiatan Motivasi

·         Guru menyampaikan tujuan projek belajar

Tujuan Proyek :Memanfaatkan konsep dasar perubahan wujud zat untuk menghadapi tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kegiatan Inti (45 Menit)

 

·         Guru menyampaikan tahapan dalam kegiatan proyek,kemudian Peserta didik melakukan kegiatan proyeknya.

Tahap 1: Menentukan Bahan

Sebelum menentukan bahan apa yang akan digunakan dalam proyek ini, peserrta didik perlu menentukan terlebih dahulu perubahan wujud apa yang ingin dipilih: apakah padat ke cair, cair ke padat, cair ke uap, uap ke cair, padat ke gas atau gas ke padat.

 

Setelah itu, dengan mencari informasi dari internet/buku/eksperimen lainnya, carilah bahan-bahan yang ada di sekitar , yang ingin peserta didik ubah wujudnya. Pastikan peserta didik bertanya kepada orang-orang di sekitarnya.

 

Tahap 2: Melakukan Percobaan

Tahap 3: Menyiapkan Presentasi

Setelah mendapatkan data-data pendukung, peserta didik menyiiapkan sebuah presentasi untuk menyampaikan hasil proyek di depan guru dan peserta didik lainnya.

 

Kegiatan Penutup (15 Menit)

·         Peserta didik diberikan apresiasi atas proses yang telah dilalui

·         Guru meminta peserta didik untuk menuliskan tugas untuk kegiatan di rumah.

·         Guru mengajak peserta didik untuk berdoa penutup.

 

Kegiatan Keluarga

(Mari kita libatkan keluarga untuk menyelaraskan suasana belajar di rumah dengan sekolah. Untuk mendukung proses belajar peserta didik saat belajar di topik ini, keluarga bisa mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan-kegiatan berikut)

1.       cobalah cari tahu apa kegunaan dari peristiwa pengembunan?

2.       Bagaimana penguapan dan pengembunan terjadi di alam sekitar kita serta apa manfaatnya?

3.       Coba diskusikan bersama dengan orang tuamu di rumah.

 

Pertemuan 5

Uji Pemahaman

2 JP ( 70 Menit )

Kegiatan Pendahuluan( 10 Menit)

Kegiatan Orientasi

·         Peserta didik dan Guru memulai dengan berdoa bersama.

·         Peserta didik disapa dan melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru.

Kegiatan Motivasi

·         Guru memberikan pengarahan mengenai hal-hal yang dilakukan dalam menguji pemahaman siswa.

Kegiatan Inti (45 Menit)

·         Peserta didik menyiapkan buku tugas Lembar Kerja Siswa

·         Peserta didik mengerjakan uji pemahaman.

 

 

 

 


1.       Kalian dan Shinta ingin membuat es dari jus mangga yang baru saja ia buat. Tetapi sayangnya Shinta kebingungan bagaimana caranya. Berdasarkan ilmu yang sudah kalian dapatkan setelah

2.       Mempelajari bab ini, berikan saran pada Shinta, apa yang harus ia lakukan!Kalian dan Shinta berhasil membuat es mangga! Kalian mengambil sepotong es mangga dan mulai menikmatinya. Tidak lama kemudian ibu Shinta memanggil dan meminta tolong Shinta untuk mengambil pakaian yang sedang dijemur. Shinta meletakkan es di dalam gelas yang ada di hadapan kalian.

Beberapa menit kemudian kalian melihat es mangga yang ada di gelas Shinta berubah menjadi cair. Shinta datang dan menangis karena esnya tidak padat lagi. Menurut kalian mengapa hal itu bisa terjadi? Coba jelaskan kepada Shinta.mengapa bisa terjadi hal itu.

3.       Ah, tidak! Kapur barus yang baru saja kalian beli terinjak dan hancur menjadi berbentuk serpihan dan serbuk.

 

 

 

 

 

 

 


Padahal kalian baru saja berjanji pada ibu kalian untuk membawakan kapur barus yang utuh. Sekarang serbuk kapur barus itu bercampur dengan pasir yang ada di tanah.

 

Menurut kalian, apa yang harus dilakukan agar bisa memisahkan campuran kapur barus dari campuran pasir?

 

Kunci Jawaban

1.       Jawaban bervariasi, namun secara umum untuk membuat jus mangga yaitu:

a.       memasukkan jus mangga ke dalam wadah cetakan;

b.       menyimpan jus mangga di dalam freezer.

2.       Es jus mangga shinta jadi mencair lagi karena suhu di luar freezer jauh lebih tinggi dibandigkan suhu di dalam freezer. Akibatnya karena suhunya naik, maka es akan mencair dan berubah wujud menjadi cair

3.       Untuk bisa memisahkan kapur barus dari campuran tanah, yang perlu dilakukanadalah menguapkan kapur barus dan mendinginkannya kembali menggunakan bantuan es.

 

Cara yang sama seperti pada percobaan di Topik C.3.

Ketika kapur barus dipanaskan, kapur barus akan berubah menjadi uap sedangkan tanah tidak akan berubah menjadi uap. Uap kapur barus akan mengenai tutup panci/kaca arloji yang dingin (akibat adanya es) dan akan berubah menjadi kapur barus padat.

 

E.Refleksi

Lembar Refleksi Siswa

Saat mempelajari materi “Wujud Zat dan perubahannya ” dan mengerjakan tugas

Saya menyadari perilaku yang dapat diperbaiki untuk menjaga air di sekitar saya adalah ...

 

Saya berhasil menunjukkan kemampuan ... saat ...

 

Saya puas dengan hasil saya ketika ...

 

Saya mendapati kesulitan saat ...

 

Saya paling mengerti dan memahami apa yang dipelajari saat

 

Untuk pembelajaran selanjutnya, saya akan

 

 

LembarRefleksi Guru

1.       Apa yang bisa diperbaiki dari seluruh kegiatan ini?

 

 

 

 

 


2.       Apabila bisa diulang, apa yang akan dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih baik?

 

 

 

 

 


3.       Bagaimana keterlibatan murid?

 

 

 

 

 


4.       Apa saja kesulitan yang dialami oleh murid?

 

 

 

 

 

 

 

 


F.Penilaian/Asesmen

Penilaian

Contoh Rubrik Penilaian Proyek

 

 

Tahapan

Sangat baik

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan

Isi laporan memuat:

1. Judul

2. Tujuan

3. Alat dan Bahan

4. Langkah percobaan

5. Hasil Pengamatan

6. Kesimpulan

Memenuhi

semua

kriteria yang

diharapkan.

Memenuhi 5

kriteria yang

diharapkan.

Memenuhi 3-4

kriteria yang

diharapkan.

Memenuhi 1-2

kriteria yang

diharapkan.

Pemahaman konsep

Dapat

menjelaskan

konsep

perubahan

wujud dengan

benar disertai

bagan.

Dapat

menjelaskan

konsep

perubahan

wujud dengan

benar namun

tidak disertai

bagan.

Dapat

menjelaskan

konsep

perubahan

wujud dengan

1-2 kesalahan.

Tidak dapat

menjelaskan

konsep

perubahan

wujud yang

terjadi.

Kreativitas dan estika:

1. Memanfaatkan

penggunaan bahan

yang ada.

2. Siswa membuat

modifikasi atau

pengembangan

sendiri

di luar arahan.

3. Tampilan laporan

menarik, rapi, dan

tersusun dengan baik.

Memenuhi

semua

kriteria yang

diharapkan.

Memenuhi 2

kriteria yang

diharapkan.

Memenuhi 1

kriteria yang

diharapkan.

Seluruh kriteria

tidak terpenuhi.

Penyelesaian Masalah dan

Kemandirian.

Aktif mencari

ide atau mencari

solusi jika ada

hambatan.

Bisa mencari

solusi namun

dengan arahan

sesekali.

Memerlukan

bantuan setiap

menemukan

kesulitan namun

ada inisiatif

bertanya.

Pasif jika

menemukan

kesulitan

 

Contoh Rubrik Penilaian Produk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


G.Kegiatan Pengayaan dan Remedial

Pengayaan

·         Peserta didik dengan nilai rata-rata dan nilai diatas rata-rata mengikuti pembelajaran dengan pengayaan.

 

Remedial

·         Diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang kepada siswa yang belum mecapai CP.

 

GLOSARIUM

·         Materi                :zat / benda

·         Massa                 :berat

·         Volume              :isi atau besarnya benda dalam ruangan

·         Kalor                  :panas

·         Menyublim        :Peristiwa perubahan wujud padat menjadi gas

·         Mengembun       :Peristiwa perubahan wujud gas menjadi cair

·         Menguap            :peristiwa perubahan wujud cair menjadi gas

DAFTAR  PUSTAKA

·         Buku Siswa,Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV, Penulis: Amalia Fitri, dkk

·         Buku Guru,Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV, Penulis: Amalia Fitri, dkk

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks lagu Lihatlah Pengantin

TEKS LAGU LIHATLAH PENGANTIN Lirik lagu lihatlah pengantin lihatlah pengantin, pengantin telah datang  sonsonglah dia, elukan dia  sonsonglah dia, elukan dia  hantarlah dia kepada bapa  elukan dia raja sehari ....

Lagu Persembahan Bahasa Lamaholot

 Lagu Persembahan Lamaholot Lirik lagu  O ama O ama goen puken mo tobo teti kelen tukan  O bapa o bapa goen nimun mo pea teti kowe lolon  Mo loto hau lodo hau pia tana ekan  Nete hode kurban hode kurban kame ana moen 

Teks lagu Mari Pulang

  Lirik lagu Mari Pulang  Mari kita pulang  dalam damai Tuhan wartakan kasihNya kepada sesama  He mari mari mari  Trima kasih Tuhan karena kasih Mu Bimbing langkah kami pada jalanMu